Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-88 Tahun 2016: “Beri Aku 10 Pemuda, Niscaya Akan Kuguncangkan Dunia!”

28/10/2016 – 10:10

Mamuju.

dsc_6767Hari Jumat tanggal 28 Oktober 2016, upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-88 tahun 2016 dilaksanakan di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat. Tepat pukul 08.00 WITA, seluruh peserta upacara yang dikomandani oleh Rein Terinathe telah berbaris rapi sebagai tanda upacara siap dimulai.

Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Kepala Sekretariat Perwakilan, Munajat Masulili. Dalam amanatnya, inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI yang diawali dengan kutipan pidato Bung Karno yang sangat terkenal yaitu: “beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”.  Sejalan dengan itu, Menpora mengajak  agar  sepatutnya kita kembali  merenungkan dan merefleksikan makna kalimat Bung Karno  tersebut bahwa dalam konteks kekinian, sejatinya jumlah demografi yang besar saja tidak cukup untuk membawa bangsa ini menjadi maju dan diperhitungkan dalam kancah dunia. Bangsa ini membutuhkan pemuda dan pemudi dengan kualitas unggul yang bersedia terus bergerak melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dalam rangka mewujudkan kesejahteraan dan kebesaran negara kita.dsc_6721

dsc_6765

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ini diakhiri doa dan harapan, semoga pemuda-pemudi Indonesia menjadi generasi yang mandiri, kreatif, menjadi pelopor perubahan yang bermartabat dengan senantiasa menjunjung tinggi etika dan moral serta mengedepankan semangat nasionalisme.

Dirgahayu Sumpah Pemuda!  (h’ntumam)