BPK PERWAKILAN PROVINSI SULAWESI BARAT MEMPERINGATI HUT BPK KE-71

16/01/2018 – 09:39

Dengan mengusung tema “Merajut Kebersamaan”, BPK RI memperingati hari ulang tahunnya yang ke-71 pada tanggal 1 Januari 2018. Menyambut momen pertambahan usia tersebut, BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat menggelar berbagai kegiatan yang dibuka oleh Kepala Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat, Eydu Oktain Panjaitan pada tanggal 12 Desember 2017. “Semoga acara ini dapat mempererat silaturahmi di antara kita, menjadi ajang menjaga keakraban antar pegawai dan semoga BPK di hari ulang tahun yang ke-71 ini bisa menjadikan BPK lebih baik, lebih berjaya, dan lebih bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara” kata Kalan BPK Sulbar dalam sambutannya di hadapan para pegawai.

Pembukaan kegiatan peringatan HUT BPK ke-71 di halaman kantor juga dimeriahkan dengan pelepasan balon.

Muh Arifuddin Asa’ad sebagai Ketua Panitia Peringatan HUT BPK ke-71, mengatakan bahwa semarak peringatan HUT BPK tahun 2018 di BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat diwujudkan melalui penyelenggaraan upacara bendera, kegiatan family gathering, pertandingan olahraga, serta karaoke yang dimeriahkan oleh para pegawai, pegawai tidak tetap (PTT) serta petugas cleaning service. Pertandingan olahraga antara lain voli, dan bulu tangkis yang diselenggarakan di ruang auditorium lantai 3 serta halaman mess pegawai.

Selanjutnya pada  tanggal 11 Januari 2018, keluarga besar BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat mengikuti gathering yang dirangkai dengan outbound dan diselingi dengan pembagian doorprize serta acara bakar ikan di pantai Malauwa di desa Sumare Mamuju.

Sebagai puncak peringatan HUT BPK ke-71, seluruh pegawai mengikuti upacara bendera yang dilaksanakan pada 15 Januari 2018 bertempat di halaman Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kalan BPK Sulbar, Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara menyebut berbagai capaian yang telah diraih BPK selama setahun terakhir. Ketua BPK juga mengingatkan jajaran pelaksana BPK mengenai berbagai macam ujian yang mendera BPK, khususnya pada tahun 2017 yang lalu. “Kita harus menyadari bahwa proses bisnis BPK memiliki risiko tinggi, sehingga tidak bosan-bosannya saya mengingatkan kembali untuk selalu menjunjung tinggi integritas, independensi, dan profesionalisme agar martabat, kehormatan, citra, dan kredibilitas BPK selalu terjaga,” pesan Ketua BPK.

Selain itu, dibacakan juga nama pegawai penerima penghargaan Satyalancana Karya Satya 10 tahun di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat. Pada upacara kali ini, Kalan BPK Sulbar menyerahkan penghargaan tersebut secara simbolis kepada Gautomo Adiguno.

Seusai upacara, seluruh pegawai berkumpul untuk menyaksikan prosesi pemotongan tumpeng oleh Kalan BPK Sulbar sebagai wujud rasa syukur atas bertambahnya usia serta lomba karaoke yang diikuti oleh para pejabat , para pegawai, PTT dan petugas cleaning service.

Rangkaian acara peringatan HUT BPK ke-71 ditutup melalui penyaluran bantuan kepada Muhammad Ali seorang anak dari keluarga tidak mampu asal Polewali Mandar pada hari Minggu tanggal 21 Januari 2018. Penyaluran bantuan tersebut diharapkan dapat menunjang kesejahteraan Muhammad Ali dan keluarga.

Sesuai dengan tema HUT BPK ke-71 yaitu ‘Merajut Kebersamaan‘, berbagai aktivitas peringatan HUT BPK diharapkan dapat menumbuhkan dan mempererat rasa persaudaraan di kalangan pegawai BPK pada khususnya, serta BPK dengan masyarakat secara umum. Secara khusus, kebersamaan dalam internal BPK akan memudahkan koordinasi untuk melaksanakan rencana strategis (Renstra) BPK 2016-2020 agar pemeriksaan yang dilaksanakan BPK memberikan manfaat kepada masyarakat. Sedangkan secara umum, tumbuhnya semangat kebersamaan dalam diri masing-masing pribadi akan mendorong terwujudnya persatuan individu dalam mewujudkan cita-cita bersama, yaitu Indonesia yang maju dan sejahtera.

Dirgahayu BPK RI .. !!